23 March 2011

Penyelidikan Fukushima Diserahkan Pada Robot

Penyelidikan Fukushima Diserahkan Pada Robot


Jepang gunakan robot di pusat tenaga nuklir Fukushima untuk masuk ke area yang tidak bisa dijangkau oleh manusia akibat radiasi.


Koran Jepang Asahi Shimbun melansir dua robot Monirobo pinjaman dari Nuclear Safety Technology Center akan dilepaskan ke Fukushima.

Robot berwarna merah dilengkapi dengan alat pendeteksi tingkat radiaksi, sementara robot lain yang berwarna kuning mengumpulkan sampel debu dan memonitor gas. Keduanya akan mulai bertugas beberapa hari lagi.


Robot setinggi sekitar 150 sentimeter dan berat nyaris 600 kilogram memiliki tangan untuk mengambil sampel dan memindahkan rintangan. Monirobo memiliki pendeteksi radiasi, 4 kamera video dengan kemampuan 3 dimensi, dan sensor temperatur dan kelembapan.


IEEE Spectrum menjelaskan adanya robot lain yang akan membantu. Setidaknya 4 tim yang akan dilengakpi dengan robot permukaan, robot ular dan robot bawah air--sebuah tim akan memeriksa kondisi infrastruktur bawah air di Kajiba, sebelah timur Tokyo. Tim lainnya akan pergi ke Hachinohe untuk memeriksa sebuah gedung yang atapnya runtuh.

No comments:

Post a Comment