16 April 2011

Manfaat Madu Yang Bisa Kalahkan Bakteri Super

foto


Madu dikenal sebagai obat tradisional. Cairan yang dihasilkan lebah ini punya banyak khasiat. Selama berabad-abad madu juga terbukti mampu mengusir penyakit.


luka infeksi, termasuk bakteri super Meticillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA).




Penelitian yang dipimpin Professor Rose Cooper dari Universtiy of Wales Institute Cardiff (UWIC) menemukan madu manuka mencegah melekatnya bakteri ke dalam jaringan, sebuah tahap penting dalam proses infeksi.




"Bakteri MRSA kebal dan sulit dilawan oleh antibiotik, tapi bakteri ini bisa dilawan oleh madu manuka," kata Prof Cooper seperti dikutip dari UKPA, Rabu 13 April 2011. "Madu terbukti efektif melawan bakteri super."



Khasiat madu telah dikenal sejak jaman Mesir Kuno. Bahkan Ratu Cleopatra telah menggunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikannya. Selain itu juga madu sebagai ramuan untuk mengawetkan Mumi raja-raja Mesir Kuno.




Masyarakat Jepang juga punya kebiasaan meminum madu setiap malam agar bangun tidur dalam keadaan segar dan sehat. Madu mengandung vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, dan zat besi.




Beberapa penyakit infeksi oleh berbagai patogen yang dapat dicegah dan disembuhkan dengan minum madu secara teratur di antaranya, infeksi saluran pernafasan atas (ISPA),batuk, demam, penyakit luka tukak lambung, infeksi saluran pencernaan , penyakit kulit.

No comments:

Post a Comment