21 April 2011

Smartphone Generasi Mendatang Bisa Setingkat PC

Era smartphone atau ponsel pintar semakin berjaya. Bahkan, dalam beberapa saat lagi smartphone akan menggantikan fungsi komputer dengan kinerja yang setingkat.

Samsung mengatakan smartphone-smartphonegenerasi mendatang akan mempunyai kecepatan dan performa setingkat PC kelas menengah.

Menurut keterangan salah satu sumber di Samsung, jajaran smartphone generasi baru nantinya akan ditenagai CPU dual-core 2GHz ARM, yang secara efektif mampu meningkatkan kapasitas proses data hingga 4GHz.

"Kami berencana untuk merilis smartphoneberbasis CPU dual-core setingkat 2GHz mulai tahun depan," ujar seseorang yang identitasnya enggan diketahui itu pada Maeil Business Newspaper, yang dikutip dari TG Daily, Selasa 19 April 2011.


"Produk itu nanti akan memiliki kemampuan proses data setingkat PC pada umumnya," imbuhnya.

Memang belum ada produk-produk Samsung yang memiliki kinerja selevel dengan PC. Namun, produsen Korea Selatan itu mengakui saat ini masih menggodok smartphonebertenaga CPU dual-core tersebut, yang kemungkinan akan diluncurkan di bawah merek Exynos, penerus prosesor Hummingbird.

Meskipun nampaknya lebih mudah bagi Samsung untuk menciptakan CPU single-core 4GHz, salah satu vendor elektronik dengan penjualan terbesar di Korea Selatan itu lebih memilih CPU dual-core 2GHz.

"Menurut kami, CPU dual-core lebih baik dioptimalkan pada jajaran produk smartphone," kata sumber tersebut.

"Dengan begitu, smartphone bisa menyelesaikan beban kerja secara multitasking dengan fasilitas dual core terpisah," tandasnya.

No comments:

Post a Comment