27 October 2010

Naluri seorang Fergie

Kecemerlangan Javier Hernandez bersama Manchester United (MU) menunjukkan naluri Pelatih Sir Alex Ferguson dalam menemukan pemain muda berbakat belum pudar. Striker yang akrab dipanggil Chicharito tersebut memborong gol kemenangan MU saat mengalahkan Stoke City 2-1,Minggu (24/10).

Pujian pun membanjiri kontribusi Hernandez yang kini sudah mengoleksi enam gol dari 11 penampilan itu. Namun, kredit sebenarnya lebih patut ditujukan kepada Fergie, sapaan Ferguson, dan jaringan pencari bakat yang dipimpinnya.

Sosok Hernandez menarik perhatian pemantau MU di Meksiko saat memperkuat Chivas Guadalajara pada awal tahun.Kagum pada kecepatan dan instingnya di depan gawang lawan, The Red Devils—julukan MU—langsung bergerak cepat. Mereka sukses mengamankan jasa Hernandez pada April.

Tidak pernah terungkap berapa biaya transfer yang dikeluarkan MU. Media memperkirakan juara Inggris 18 kali tersebut merogoh sekitar 7 juta pounds. Sebuah angka yang relatif besar untuk seorang pemain yang namanya tak pernah terdengar di Eropa.

Waktu kemudian menunjukkan keraguan itu salah. Hernandez bersinar di Piala Dunia 2010 bersama Meksiko dan menorehkan dua gol. Mata dunia pun terbuka. Tapi,tidak bagi MU.Seusai perhelatan di Afrika Selatan, Fergie memuji pemandu bakat MU yang menemukan Hernandez.

Menurut dia, kinerja mereka membuat MU menghemat puluhan juta pounds. Sebab, harga Hernandez pasti melonjak menyusul tampil cemerlang di Piala Dunia.“Naluri Chicharito sangat mengagumkan. Anda bisa lihat dari gol pertamanya ke gawang Stoke. Dia tahu di mana gawang tanpa melihatnya,” ungkap Fergie dikutip The Sun.

Hernandez bukanlah satu- satunya pemain antah berantah yang pada akhirnya tumbuh di MU.Tidak ada yang tahu siapa Cristiano Ronaldo kala Fergie memboyongnya sebagai suksesor David Beckham. Begitu pula Nemanja Vidic asal Spartak Moscow.

Namun, nyatanya kedua sosok tersebut vital dalam prestasi MU di kancah domestik dan Eropa. Selama enam musim memperkuat The Red Devils,Ronaldo berperan besar mempersembahkan tiga gelar Liga Primer, satu Piala FA,satu Liga Champions,dua Piala Liga, dan satu Piala Dunia Antarklub.

Sementara Vidic membentuk benteng pertahanan kokoh bersama Rio Ferdinand. Pembelian Ronaldo bahkan turut membantu kondisi keuangan klub. MU mengantongi keuntungan signifikan dengan melepas Ronaldo ke Real Madrid senilai 80 juta pounds tahun lalu.

Tentu tidak semua hasil temuan Fergie sempurna.Ada juga yang melempem. Mereka di antaranya Eric Djemba-Djemba, Kleberson, hingga Zoran Tosic. Tapi, kehadiran Hernandez menggambarkan jaringan pencari bakat MU lebih banyak sukses ketimbang gagal.

Melesatnya Chicharito sekaligus menunjukkan keraguan Wayne Rooney terhadap kebijakan transfer MU salah.Dia sempat mempertanyakan ambisi klubnya merebut gelar karena tidak merekrut bintang layaknya klub Liga Primer lainnya.

Tapi,Hernandez membuktikan Rooney seharusnya tidak pernah skeptis tentang hal ini. “Hernandez bekerja keras saat latihan dan di lapangan. Dia memiliki bakat. Saya yakin dia bakal terus mencetak gol untuk kami,” tutur Gary Neville.

Namun, fans MU tampaknya harus bersabar menanti gol Hernandez. Sebab, dia kemungkinan melewatkan duel babak IV Piala Liga melawan Wolverhampton Wanderers di Old Trafford hari ini. Dengan cederanya Rooney, dia dipersiapkan Fergie sebagai pendamping Dimitar Berbatov di tim utama.

Artinya,Hernandez baru ditampilkan di partai-partai krusial. Sementara tugas merobek gawang Wolverhampton diberikan ke Michael Owen dan Federico Macheda.

No comments:

Post a Comment