01 August 2009

Pengertian El niño dan La niña (update)




El Niño


El Niño adalah kondisi abnormal iklim di mana suhu permukaan Samudra Pasifik di pantai Barat Ekuador dan Peru lebih tinggi dari rata-rata normalnya.

Istilah ini pada mulanya digunakan untuk menamakan arus laut hangat yang terkadang mengalir dari Utara ke Selatan antara pelabuhan Paita dan Pacasmayo di daerah Peru yang terjadi pada bulan Desember.

Kejadian ini kemudian semakin sering muncul yaitu setiap tiga hingga tujuh tahun serta dapat mempengaruhi iklim dunia selama lebih dari satu tahun.

Nama El Niño diambil dari bahasa Spanyol yang berarti "anak laki-laki", merujuk pada bayi Yesus Kristus dan digunakan karena arus ini biasanya muncul selama musim Natal.

Karena fluktuasi dari tekanan udara dan pola angin di Selatan Pasifik yang menyertai El Niño, fenomena ini dikenal dengan nama El Niño Southern Oscillation (ENSO).

El nino terjadi karena pemanasan di ekuator samudra pasifik dan pemanasan global juga menjadi salah satu unsurnya.

Selain memberikan kerugian, el nino juga memberikan keuntungan pada Indonesia. Contohnya, ikan tuna di Pasifik bergerak ketimur. Namun, ikan yang berada di Samudera Hindia bergerak masuk ke selatan Indonesia.

Hal itu karena perairan di timur samudera ini mendingin, sedangkan yang berada di barat Sumatera dan selatan Jawa menghangat. Hal ini membuat indonesia mendapat banyak ikan tuna.

La Niña


La Niña merupakan fenomena atmosfer laut yang merupakan mitra dari El Nino sebagai bagian dari luas Selatan Osilasi El Niño
pola iklim
Selama periode La Niña, maka suhu permukaan laut di seluruh Timur Tengah khatulistiwa Samudera Pasifik akan lebih rendah dari normal dengan 3-5 ° C.

Di Amerika Serikat, sebuah episode dari La Niña didefinisikan sebagai badai yang terjadi dalam jangka waktu minimal 5 bulan .

Nama La Niña berasal dari Spanyol , yang berarti "gadis", analog dengan El Niño berarti "anak". La Niña, terkadang disebut "anti-El Niño", adalah kebalikan dari El Nino, di mana yang terakhir sesuai bukan dengan suhu permukaan laut lebih tinggi oleh penyimpangan minimal 0,5 ° C, dan efek nya sering kebalikan dari El Niño.

El Niño terkenal karena berpotensi mendatangkan bencana pada cuaca di negara antara lain Chili , Peru dan Australia pesisir. La Niña sering didahului oleh El Niño kuat.

Pengaruh La Niña Dampak regional La Niña.



La Niña menyebabkan sebagian besar efek kebalikan dari El Nino , misalnya, El Niño akan menyebabkan periode basah di AS Midwestern, sedangkan La Niña biasanya akan menyebabkan musim kemarau di daerah ini.

Di sisi lain dari Pasifik La Niña dapat menyebabkan hujan lebat. Untuk India, El Niño sering menjadi penyebab keprihatinan karena dampak buruk terhadap monsun barat, ini terjadi pada tahun 2009.

La Niña, di sisi lain, sering menguntungkan bagi monsun, terutama di paruh kedua. La Niña yang muncul di Pasifik pada tahun 2010 mungkin membantu mengakhiri musim barat selatan tahun lalu pada catatan yang menguntungkan.

Tapi kemudian, hal itu juga memberikan kontribusi terhadap banjir di Australia, yang mengakibatkan salah satu bencana terburuk negara itu alam dengan sebagian besar Negara Queensland terendam air dari banjir dan dihantam oleh Badai Tropis, termasuk kategori 5 Siklon Tropis Yasi.

Ini juga menjadi penyebab malapetaka serupa di Brazil selatan dan timur lalu memainkan bagian dalam hujan deras dan banjir yang telah mempengaruhi Sri Lanka.

Kejadian La niña terbaru
La Niña juga dibentuk pada tahun 1995, dan pada tahun 1999-2000. A La Niña kecil terjadi 2000-2001.

Terakhir terjadi adalah la niña moderat yang berkembang di pertengahan tahun 2007 dan berlangsung sampai awal 2009.

NOAA menegaskan bahwa moderat La Niña dikembangkan pada November di Southern Oscillation, dan bahwa hal itu mungkin akan berlanjut ke 2008.

Menurut NOAA, "Diduga La Niña berdampak selama November Januari termasuk kelanjutan dari curah hujan di atas rata-rata di Indonesia dan curah hujan di bawah rata-rata di atas Pasifik khatulistiwa pusat Untuk wilayah bersebelahan Amerika Serikat, dampak potensial termasuk di atas rata-rata curah hujan di Utara Rockies, Northern California, dan di wilayah selatan dan timur dari Pacific Northwest.terutama di negara-negara barat daya dan tenggara.

Namun, El Niño kembali di bulan Mei / Juni 2009 dan berlangsung sampai April 2010. Efek El Niño di tahun 2009 sudah terlihat pada musim gugur tahun 2009 sebagai sisa-sisa Badai Tropis Ida diperkuat menjadi badai pesisir kuat.

La Niña episode baru berkembang cukup cepat di pusat tropis Pasifik dan timur pada pertengahan-2010, dan berlangsung setidaknya sampai awal 2011.

La Niña ini, dikombinasikan dengan catatan suhu laut tinggi di utara- timur samudra India , dan telah menjadi faktor besar dalam banjir Queensland 2010-2011.

7 comments:

  1. trims infonya Ikung
    senang bisa singgah di Blog Ikung

    ReplyDelete
  2. Sama2...
    Thx jg dah singgah kesini...jgn bosen ya:]

    ReplyDelete
  3. thanks yaa atas infonya..

    ReplyDelete
  4. Ikung pngertian La nina _@ mna ??

    ReplyDelete
  5. kq penjelasan nya kurang lengkap se,,,,

    ReplyDelete
  6. untuk yg menanyakan tentang La niña sudah saya update di atas, semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete