07 July 2010

Penyebab Mendengkur & Cara Mengatasinya

Anda mungkin bisa menjaga tingkahlaku di depan orang banyak,
tapi ketika tidur dan
mendengkur, tidak ada yang
bisa menghentikan hal itu
termasuk diri Anda sendiri.
Kebiasaan buruk di malam
hari ini sulit untuk dihilangkan,
kecuali Anda sendiri ingin
mengubahnya.
Tidak ada trik yang bisa Anda
(atau suami) lakukan saat
Anda mendengkur. Satu-
satunya cara adalah
mengubah gaya hidup Anda.
Berikut ini adalah penyebab-
penyebab seseorang
mendengkur dan cara
mengatasinya.
Rokok
Jutaan racun di dalamnya
tidak hanya mengganggu
kesehatan seseorang, tetapi
juga membuatnya
mendengkur saat tidur.
Penyebabnya adalah saluran
udara yang terhambat akibat
pembengkakan yang terjadi
setiap orang menghisap
rokok. Pembengkakan ini
terjadi pada jaringan
pernafasan, yakni di
tenggorokan. Selaput lendir di
dalam hidung bisa
menyebabkan pembuluh kecil
di dalam paru-paru
tersumbat.
Hambatan inilah yang
membuat udara dari paru-
paru lebih sulit untuk keluar
saat tidur. Udara yang
tersendat untuk keluar itulah
yang menyebabkan
dengkuran.
Jika Anda merasa rokok yang
menjadi biang keladi
terjadinya kebiasaan yang
mengganggu tersebut, maka
berhentilah. Dengan begitu
maka pembengkakan akan
menyusut sehingga
penghambatan tidak terjadi
lagi.
Berat Badan
Pada dasarnya tidak ada
hubungan antara berat badan
dengan mendengkur. Tetapi
sebuah studi menemukan
bahwa orang yang beratnya
turun ke kisaran berat badan
ideal mengalami penurunan
suara dengkuran.
Jika Anda termasuk orang
yang mempunyai berat
badan di atas batas ideal,
maka cobalah untuk
menurunkan berat badan.
Tapi pastikan program
penurunan berat badan ini
adalah olahraga dan diet yang
sehat.
Alkohol
Minuman beralkohol juga bisa
menjadi faktor terjadinya
dengkuran saat tidur.
Kehadiran alkohol dalam
tubuh membuat saluran udara
menjadi lebih rileks, meskipun
terdengar bagus untuk saluran
udara itu sendiri, namun
kenyataannya alkohol
membuat saluran udara terlalu
rileks. Hasilnya, saluran udara
Anda pun 'beristirahat'
sehingga menyebabkan
kinerjanya tidak maksimal dan
menyebabkan Anda
mendengkur.

1 comment:

  1. Saya seorang Wanita,tapi Saya Kalau tidur katanya suka ngorok.Saya Pengen mengubah kebiasaan saya,saya malu nanti kalau ada orang lain atau saudara saya yang nginap di rumah saya,tahu kalau saya tidur mendengkur.Saya malu juga kalau di kosan saya tidurnya ngorok.temen saya komentar terus.........

    ReplyDelete